Nama : Suryadi
Nim
: 100130035
Unit
: A1
MK
: Manajemen Pemasaran
SOAL
1. Uraikan defenisi
pemasaran
2. Mengapa konsep
pemasaran sekarang lebih popular di banding konsep penjualan
3.
Berikan beberapa contoh perusahaan yang sudah mematuhi konsep pemasaran
berwawasan sosial
JAWAB
1. Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang
membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan , menawarkan dan mempertukarkan produk yang
bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian
produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.
Ada beberapa definisi
mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
2. Dikarnakan Konsep Penjualan sekarang menfokuskan pada
kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk dengan kebutuhan penjual untuk
mengubah produk/jasanya menjadi cash atau uang kontan. Sedangkan Konsep
Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan
pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang
yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya.
perbedaan
konsep penjualan dengan pemasaran :
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena itu penjualan sibuk dengan kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya menjadi cash atau uang kontan.
Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya Pemasaran adalah fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya, menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).
3. Contoh perusahaan
yang sudah memenuhi konsep pemasaran. PERUSAHAAN DI DALAM SEKTOR NIRLABA
Pemasaran semakin menarik minat organisasi nirlaba seperti perguruan tinggi,
rumah sakit, gereja, dan kelompok pementasan seni. Untuk mempertahankan
organisasi mereka dalam menghadapi perubahan perilaku kosumen yang berubah
pesat dan menyusutnya sumber daya keuangan, pengelola organisasi-organisasi ini
beralih ke pemasaran. PERUSAHAAN DI DALAM SEKTOR GLOBAL Teori dan praktik
pemasaran, yang dulu terbatas pada negaranegara Barat tertentu, kini
menyebarluas ke seluruh dunia. Sebagai alasannya adalah banyak perusahaan besar
telah mengglobal dan membawa praktik pemasaran mereka. Dalam persaingan di
pasar baru, mereka telah memaksa perusahaan setempat untuk mempertahankan
wilayah mereka dengan mempelajari dan menyempurnakan praktik pemasaran mereka.
Kini seminar pelatihan pemasaran yang berkualitas tinggi diadakan tidak hanya
oleh negara-negara industri, melainkan juga oleh negara-negara berkembang
seperti Indonesia, Malaysia, Mesir, dan Kolombia. Di bekas negara-negara
sosialis, dimana pemasaran mempunyai reputasi yang buruk, pemasaran sedang
menjadi salah satu pembahasan bisnis terpanas. Jelaslah perusahaan, baik local
maupun asing, meramalkan bahwa masa depan mereka akan bergantung pada kemampuan
mereka untuk memahami pembeli dan pasar dengan lebih baik dibandingkan
pelanggan mereka. Pasar global akan memanas di masa depan, dan pesaing perlu
memahami dan menerapkan konsep dan strategi pemasaran terbaru. akan memanas di
masa depan, dan pesaing perlu memahami dan menerapkan konsep dan strategi
pemasaran terbaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar